Kamis, 11 Agustus 2011

Gunung Kandora 1130 Mdpl

Gunung Kandora 1130 mdpl terletak di Kabupaten Tana Toraja tepatnya di Kecamatan Mengkendek.
Nama asli dari Gunung Kandora adalah Buntu Kandora, dalam bahasa Toraja Buntu berarti gunung dan Kandora berarti Karst/batuan kapur. Nama ini memang sangat pantas untuk Gunung Kandora karena sebagian besar wilayah gunung ini merupakan batuan Karst…

Jalur pendakian ke Gunung Kandora dapat ditempuh dari berbagai wilayah di Toraja, di antaranya jalur dari Kecamatan Sangalla,jalur Desa Palipu’, dan jalur via Villa Kandora . Selain itu terdapat juga jalur via tangga besi namun jalur ini membutuhkan skill tinggi dan peratan memanjat  yang safety serta pengalaman tentunya.

Pada pendakian kali ini saya(Anchi Pe’Tong) dengan Ifan(seorang teman dari Arkeologi Unhas) mendaki lewat jalur Desa Palipu’.  Kami berangkat dari Tinoring(sebuah Kampung di km 9 Jl.Poros Makale-Makassar) pada hari Jumat 1 Juli 2011 pukul 12.00 dan sampai di Desa Palipu’ 20 menit kemudian. Sesampai di Desa Palipu’ kami langsung menyimpan motoryang kami gunakan di rumah warga yang tepat berada di kaki Gunung.

Karena kami merencanakan untuk PP(pergi-pulang) maka bekal yang kami bawa hanya sebotol air minum dan sebungkus biscuit. Setelah berdoa sejenak kami memulai pendakian di bawah teriknya matahari yang membakar kulit.

Jalur Menuju Puncak I
Jalur yang kami lalui berupa jalur pada sisi-sisi tebing, yang jika tidak berhati-hati kami bisa saja tergelincir dan jatuh ke jurang. Bahkan sesekali kami harus merayap bak pemanjat tebing melewati  sisi tebing dengan kemiringan 80°.

Setelah ± 2 jam akhirnya kami sampai di puncak Gunung Kandora, tapi anehnya masih ada satu puncak yang kelihatan lebih tinggi dari puncak di mana kami berada. Mungkin karena kelelahan dan agak ngeri melihat jalur,  Ifan memutuskan untuk tinggal di puncak pertama tadi setelah berfoto-foto.

Puncak I

Puncak II dilihat dari Puncak I
Rasa penasaran yang menggebuh-gebuh membuat saya mempercepat langkah untuk menuju puncak kedua tersebut. Kurang lebih 10 menit kemudian saya berhasil mencapai puncak tertinggi Gunung Kandora 1130 mdpl.

Berfose Di Puncak

Pemandangan dari puncak Gunung Kandora begitu indah. Di sebelah barat kita dapat menyaksikan Kota Makale,hamparan wilayah Toraja Barat gdan deretan Pegunungan Buntu Karua yangmemeiliki puncak tertinggi 2750 mdpl(puncak tertinggi di Toraja) danmasih termasuk dalam deretan Pegunungan Quarles.
Di arah selatan terlihar gunung-gunung batu di kecamatan Mengkendek.

Setelah berfoto-foto sejenak saya pun kembali menjumpai teman sayadi puncak pertama kemudiankami Turun bersama.Dalam perjalanan turun kami lebih berhati-hati karena trek yang kami lalui terasa semakin ekstrim.

Sekitar pukul16.00 wita kami tiba kembali di desa Palipu’ dan kembali ke rumah kami masing-masing.
Itulah secercah cerita pengalaman kami mendaki Gunung Kandora 1130 Mdpl.semoga bermanfaat.
Tips:
-Jika inginmenginap di atas hendaknya membawa persediaan air yang cukup dari kaki gunung
-terdapat villa untuk pendaki yang ingin menginap di bawah kaki G.Kandora

Thanks to:
-Tuhan Yang Maha Esa
-Gunung Kandora atas segala keindahan dan tantangannya.